Launching Kegiatan Pemberian Makanan Bergizi dan Seimbang Sebagai Rencana Tindak Lanjut Konvergensi Stunting Desa Binuang

  • Jul 16, 2024
  • KKN UINSI 2024

Desa Binuang, 01 Juli 2024 - Launching kegiatan pemberian makanan bergizi dan seimbang sebagai rencana tindak lanjut dari hasil konvergensi stunting untuk anak-anak desa Binuang telah dilaksanakan di PAUD Belia Binuang. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak seperti Dra. Linda Romauli Siregar Marbun selaku Bunda PAUD atau Ketua TP PKK Kabupaten PPU, Durajad M. Pd selaku Kepada Bidang PAUD dan DIKMAS DISDIKPORA dan para staff, serta hadir juga dari Bunda PAUD Desa Telemow, Kelurahan Pemaluan, dan Kelurahan Maridan. Selain itu acara ini juga dihadiri Penilik PAUD Kecamatan Sepaku, Ketua IGTKI Kecamatan Sepaku, serta Kepala Sekolah TK, KB, dan Taman Seminari atau yang mewakili.

Pada kegiatan hasil konvergensi ini melibatkan Kepala Desa, Pihak Puskesmas Maridan, Bidan Desa, Tim Penggerak PKK, Kadek Kampung KB, Kader Posyandu, KPM, dan masyarakat lain. Rencana tindak lanjut (RTL) hasil dari konvergensi ini berlatarkan dari kegiatan sebelumnya yaitu kegiatan pemberian susu dan makanan tambahan terhadap anak-anak yang kurang membekas dan hasilnya kurang maksimal. Rencana tindak lanjut pada tahun 2024 dilakukan dengan pola yang berbeda yaitu dengan berfokus pada pemberian makanan langsung ditempat dan juga pada polacpengasuhan, oleh karena itu kegiatan tersebut dilaunchingkan dan langsung dilakukan di PAUD Belia Binuang dengan melibatkan Bunda PAUD dibantu Mahasiswa KKN UINSI selama beberapa minggu untuk melakukan pengasuhan serta memantau perkembangannya.

Ibu Yani, M. Pd selaku Bunda PAUD Desa Binuang sekaligus pelaksana berharap dengan terlaksananya Kegiatan Pemberian Makanan Bergizi dan Seimbang serta Pola Pengasuhan Anak sebagai Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari hasil konvergensi ini dapat menimimalisir serta mengurangi resiko stunting yang terdapat di Desa Binuang. Setelah itu beliau juga memaparkan kedepannya mereka akan melakukan kegiatan Parenting pada tingkat PAUD yang dimana pada kegiatan tersebut akan dikumpulkan dengan mengkolaborasi anak-anak PAUD dan anak-anak stunting selama 3 bulan.