Sosialisasi Program Jaga Desa

  • Jul 16, 2024
  • KKN UINSI 2024

Desa Binuang, 01 Juli 2024 – Pemerintah Desa Binuang menyelenggarakan Sosialisasi Program Jaga Desa sebagai bagian dari program Jaksa Masuk Desa. Program ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada pemerintah desa dalam penggunaan Dana Desa guna mencegah terjadinya penyimpangan anggaran.

Kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber dan tamu undangan dari berbagai instansi, antara lain Usep Supriatna, S.IP, M.AP dari Inspektorat, Surya Hermawan, S.H dan Marcelino Socrates Athanas dari Kejaksaan, Masrani, S.E dari BKAD, Tita Deriyati, S.Sos. MM dari DPMD, Dirnawati, A.Md dari Kasi Pemerintahan Kecamatan Sepaku. Selain itu kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Binuang, Kasi Pemerintahan Desa Binuang, Sekretaris Desa, Kepala Dusun, semua Ketua RT, kelembagaan yang ada di Desa Binuang serta Mahasiswa KKN dari UINSI Samarinda.

Sosialisasi ini berfokus pada pencegahan penyalahgunaan anggaran desa. Para narasumber memberikan pemaparan mendalam tentang pentingnya pengawasan dan akuntabilitas dalam penggunaan Dana Desa. Program Jaga Desa ini merupakan wujud nyata yang dilakukan pemerintah Desa Binuang dalam mengadvokasi atau mengajak agar semua unsur dapat hadir, sehingga dengan bantuan/fasilitasi kegiatan ini terlaksana dengan antusias peserta cukup baik. Program kegiatan ini berupa pendampingan terhadap Pemerintah Desa dalam penggunaan Dana Desa agar terhindar dari penyimpangan. Partisipasi aktif dari masyarakat desa juga diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan kepercayaan publik terhadap pengelolaan Dana Desa. Dengan pendampingan yang terus berlanjut, diharapkan dapat mengelola dana mereka dengan lebih baik, sehingga pembangunan desa dapat berjalan sesuai rencana dan memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat.